Senin, 17 Juni 2013

Mengetahui Sejarah Singkat Mobil Ford Model T


Tips Otomotif Mengetahui Sejarah Singkat Mobil Ford Model T 150x150 Tips Otomotif: Mengetahui Sejarah Singkat Mobil Ford Model TFord Model T (atau dikenal juga sebagai Tin Lizzie, FLiwer, T-Model Ford, atau T) adalah mobil yang diproduksi oleh Ford Motor Company dari tahun 1908 sampai 1927.
Model T menetapkan 1908 sebagai tahun yang bersejarah buat mereka.
Ford Model T dianggap sebagai mobil pertama yang terjangkau harganya bagi masyarakat umum.
Ini antara lain dimungkinkan setelah sistem perakitan modern diperkenalkan, alih-alih menggunakan perakitan yang dikerjakan secara manual.
Mobil ini dirancang oleh Childe Harold Wills dan dua imigran Hungaria, Joseph A. Galamb dan Eugene Farkas. Anggota lain tim perancang adalah Henry Love, CJ Smith, Gus Degner dan Peter E. Martin.
Model T pertama kali diproduksi pada 12 Agustus 1908 di Pabrik Piquette di Detroit, Michigan dan mulai dijual pada 27 September 1908.
Pada tanggal 26 Mei 1927, Henry Ford, sang pendiri Ford Motor Company menyaksikan langsung Model T ke-15 juta yang diproduksi dari pabriknya.
Model T adalah mobil pertama yang diproduksi massal menggunakan perakitan modern yang ditujukan dan menyasar kelas menengah Amerika.
Sebelum Ford Model T, Henry Ford telah membuat beberapa prototipe tapi tidak pernah diproduksi massal. Total prototipe berjumlah 19 dan diberi nama sesuai huruf abjad A hingga T.
Model yang dibuat sebelum Model T adalah Model S yang merupakan upgrade dari Model N. Uniknya, versi setelah Model T diberi nama Model A bukan Model U.
Ford Model T terpilih sebagai mobil yang paling berpengaruh pada abad ke-20 dalam sebuah jajak pendapat internasional. Menanggapi hal ini Henry Ford mengatakan:
“Aku berkeinginan membuat mobil dengan banyak fungsi. Mobil ini harus cukup besar untuk menampung semua anggota keluarga, namun dengan biaya perawatan yang terjangkau.
Mobil ini harus terbuat dari bahan terbaik, dirakit oleh orang-orang terbaik setelah melalui desain dan perancangan modern.
Namun mobil ini harus tetap terjangkau, sehingga orang dengan pendapatan menengah dapat memilikinya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar